Jumat, 11 Desember 2009

Mitos Ismail

Orang-orang Arab yang bermukim di daerah selatan maupun utara berpendapat bahwa mereka adalah keturunan Ismail dan merasa bangga karena Ibrahim adalah Bapak Bangsanya. [The Concise Dictionary of Islam ed Cyril classe (London: Stacey Inter, 1989, p.179)].

Encyclopedia of Islam
meng-identifikasi-kan bahwa rumpun orang-orang Arab berasal dari bangsa yang bukan keturunan Ibrahim. (The Encyclopedia of Islam, eds, Gibb, Levi-Provencial, Schacht Leiden: J.Brill, 1913, 1:543-47).
Juga Dictionary of Islam mempertanyakan pendapat yang menyatakan bahwa bangsa Arab adalah keturunan Ismail. (Thomas Hughes, A Dictionary of Islam, London: Allen & Co, 1885, pp.18ff).

Mungkinkah Ismael bisa menjadi bapak bangsa Arab?
Ibrahim bukan orang Arab, Siti Hajar ibunya Ismail bukan pula orang Arab melainkan budak dari Mesir. Malahan Siti Hajar mencarikan seorang perempuan Mesir bagi Ismail sebagai isterinya. Menurut hadits (Terjemahan HSB 1475) ternyata Ismail justru belajar bahasa Arab dari orang-orang Arab yang telah ada sebagai suku bangsa sebelum ada Ismail. Jadi Ismail bukanlah orang Arab yang dapat menurunkan bangsa Arab asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar